Senin, 10 Agustus 2015

Rezeki Tidak Akan Tertukar

al-‘Arif billah Hasan al-Bashri pernah ditanya: Apa rahasia zuhudmu di dunia ini? Beliau menjawab: Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang lain (tertukar), karena itu hatiku selalu tenang. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang lain, karena itulah aku sibuk beramal shalih. Aku tahu Allah Ta'ala selalu mengawasiku, karena itulah aku malu jika Allah melihatku sedang aku dalam keadaan bermaksiat. Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah.

Sabda Rasulullah saw. :

اُنْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

"Lihatlah orang yang berada dibawah kalian (dalam urusan dunia) dan janganlah melihat orang yang ada di atas kalian, itu lebih baik bagi kalian dan akan membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah." (HR. Muslim)

فَوَاللَّهِ مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَلَكِنِّي أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ الدُّنْيَا عَلَيْكُمْ كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ

"Demi Allah, bukan kemiskinan yang aku takutkan pada kalian, tapi aku takut kemewahan dunia dibentangkan untuk kalian seperti halnya dibentangkan pada orang sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba mendapatkannya sebagaimana mereka memperlombakannya, kemudian  ia membinasakan kalian seperti halnya mereka dibinasakan karenanya." (HR. Muslim)

��Semoga bermanfaat! ��

0 komentar :

Posting Komentar