Minggu, 27 Desember 2015

"Masya Allah .. Inilah 10 Keutamaan Adzan Dan Muadzin "

Adzan adalah seruan yang dikumandangkan seorang muadzin  ( penyeru adzan )  untuk memberitahukan bahwa  waktu sholat telah tiba .  Lafadz adzan yang dikumandangkan  muadzin sekaligus  mengajak sekalian  manusia untuk memenuhi  panggilannya  dalam  menunaikan  sholat  .  Walaupun dzahirnya  muadzin  yang mengumandangkan  adzan ,  namun hakikatnya  adzan adalah  seruan  Allah  SWT  kepada segenap hambaNya .
Apa sebenarnya  keutamaan  dari adzan  baik untuk muadzin  yang  mengumandangkannya  dan kita yang mendengarkannya  ?  Berikut ini  kami  rangkumkan   10  keutamaan  adzan  dan muadzin  yang  didasarkan  pada  hadits   _ hadits  shahih .
"1_   Adzan  Berpahala  Sangat  Besar  Bagi  Muadzin  "
Dalam sebuah hadits  riwayat Bukhari  dan Muslim  , Nabi  SAW  bersabda :
"Seandainya  orang _ orang mengetahui  pahala yang terkandung  pada adzan dan shaf  pertama ,  kemudian  mereka  tidak  mungkin  mendapatkannya  kecuali  dengan cara  mengadakan  undian  atasnya  , niscaya  mereka  akan melakukan  undian ". 
"2_   Setiap Makhluk Dan Benda Yang Mendengar  Adzan Akan Menjadi Saksi  Bagi  Muadzin "
Rasulullah SAW  bersabda :
"Tidaklah adzan didengar  oleh jin  , manusia ,  batu , dan pohon  kecuali mereka  akan  bersaksi  untuknya " ( HR . Abu Ya'la ) .
Hadits  serupa diriwayatkan  pula oleh  Ibnu  Khuzaimah :  "Tidaklah suara adzan  didengar oleh pohon  , lumpur , batu ,  jin dan manusia ,  kecuali  mereka akan  bersaksi  untuknya ".
"3_   Muadzin Akan Dimintakan  Ampunan  Dan  Mendapat  Ampunan "
"Muadzin   diampuni  sejauh jangkauan  adzannya  .  Seluruh benda yang basah maupun yang kering  yang mendengar adzannya  ,  memohonkan  ampun  untuknya ".( HR . Ahmad ) .
"4_   Muadzin Akan Mendapat  Pahala Seperti Pahala Orang _ Orang  Yang  Sholat  Bersamanya "
Sabda Rasulullah SAW :
Muadzin mendapatkan  pahala  seperti pahala  orang  yang  sholat bersamanya ".( HR . An _ Nasa'i )
"5_   Muadzin  Adalah  Orang Yang  Dipercaya "
Rasulullah SAW pernah bersabda :
"Imam adalah penjamin  dan muadzin adalah  orang yang dipercaya . Ya Allah  , luruskanlah  para imam  dan ampunilah  para muadzin  ".( HR . Abu Dawud dan  Tirmidzi )
"6_   Muadzin  Mendapatkan  Do'a  Dari  Rasulullah  SAW "
Hadits pada point  lima di atas  menunjukkan  bahwa  secara  khusus  Rasulullah  SAW  menyebut  muadzin  dalam do'anya : "Ya Allah ,  luruskanlah  para imam dan  ampunilah  para muadzin " .
"7_   Adzan Membuat Syetan Lari "
Rasulullah SAW bersabda :
"Apabila  adzan untuk sholat dikumandangkan  , setan melarikan  diri  terkentut _ kentut  sampai  tidak   mendengar  adzan ".( HR . Bukhari _ Muslim )
"8_   Muadzin  Akan  Mudah Dikenali Pada Hari Kiamat "
"Para muadzin  adalah orang yang berleher  panjang  pada hari kiamat "( HR . Muslim )
"9_   Muadzin  Dibanggakan  Allah  Di Hadapan Para  Malaikat "
Rasulullah  SAW  bersabda :
"Tuhanmu takjub kepada  seorang penggembala  domba di puncak  bukit  gunung  ,  dia mengumandangkan  adzan untuk sholat lalu  dia sholat . Maka Allah  SWT  berfirman  ;  "Lihatlah  hambaku  ini ,  dia mengumandangkan adzan  dan beriqamat  untuk  sholat ,  dia takut  kepadaKu  , Aku  telah mengampuni  hambaku  dan  memasukkannya  ke dalam  surga  ". ( HR . Abu Daud  dan  Nasa'i )
"10_   Muadzin  Akan  Dimasukkan  Ke Dalam  Surga "
"Kami pernah bersama  Rasulullah SAW  , lalu  Bilal  berdiri  mengumandangkan  adzan  .  Ketika  selesai  , Rasulullah  SAW   bersabda  ;  Barangsiapa  yang mengucapkan  seperti  ini  dengan  yakin  , niscaya  dia  masuk  surga  ".( HR . An Nasa'i )
Semoga  kita  dapat berlomba _ lomba  meraih   derajat mulia sebagai  muadzin  yang  ikhlas  menyeru  manusia  untuk  beribadah  kepada  Allah  SWT  ,  Aamiin Allahumma  Aamiin 😊👍

0 komentar :

Posting Komentar